Promo

Home » , » Jenis printer dan fitur printer

Jenis printer dan fitur printer

Jenis Printer Inkjet
 1. Printer Dot Matrix
Printer jenis ini paling banyak dipakai, cetak tulisan atau gambar dengan memakai kepala cetak diisi beberapa kumpulan jarum besi. Wujud gambar atau karakter dihasilkan dari gabungan jarum-jarum membuat pola yang bakal diciptakan. Pola jarum ditempatkan pada karbon serta bakal membuat pola yang dikehendaki di kertas dalam wujud matrik 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom atau 9 baris 9 kolom.

Keunggulan dari printer jenis ini yaitu harga nya yang murah serta bisa cetak gambar. Hal semacam ini karena karakter atau gambar yang dihasilkan dari pola yang dibentuk oleh titik-titik, maka dengan printer jenis ini bisa diciptakan berbagai macam wujud yang dikehendaki, seperti grafik serta gambar.

Kekurangan printer jenis dot matrix yaitu kualitas karakter yang kurang baik, hal semacam ini karena karakter gambar yang terbentuk dari titik-titik. Tetapi saat ini sudah ada sebagian printer dot matrix yang bisa cetak dengan kualitas karakter yang cukup baik atau populer dengan sebutan NLQ (Near Letter Quality) juga letter quality.

2. Printer Daisy Wheel
Dimaksud Daisy Wheel, lantaran jenis printer ini memakai suatu roda (wheel), yang diisi karakter-karakter. Masing-masing karakter pada roda, terdapat pada suatu lengan plastik yang diletakan pada pusat roda, hingga berupa seperti bunga seruni (daisy). Roda yang diisi karakter-karakter bakal berputar serta bakal berhenti pada roda posisi karakter yag dikehendaki, setelah itu karakter ini bakal diketuk dengan satu pemukul serta bakal diciptakan di kertas.
Gambar : Type Printer Daisy Wheel

Hasil dari karakter yang tercetak di kertas memiliki kualitas yang baik, hingga printer type ini digolongkan juga untuk letter quality printer, namun memiliki kekurangan, yakni lebih lambat dibanding dengan printer jenis dot matrix. Kecepatan cetak daisy wheel printer seputar 55 cps (karakter per detik).

3. Printer InkJet
Type printer jenis inkjet ini yang paling kerap kita jumpai dipasaran, pola kerja printer jenis ini membuat karakter atau grafik dengan kepala cetak yang memiliki pipa penyedot kecil (nozzle) yang menyemprotkan tinta ke kertas. Untuk beroleh hasil yang pas serta benar, tinta yang disemprotkan bakal diarahkan ke bagian tujuan oleh satu atau lebih eletronic deflector yang mengatur posisi horizontal serta vertikal dari tinta yang disemprotkan. Pengaliran tinta dikerjakan dengan cara kontinu apabila tak diperlukan untuk satu wujud spesifik, maka bakal dikembalikan ke kepala cetak.
Gambar : Type Printer InkJet

Printer Ink Jet bisa berikan kualitas pencetakan yang baik, lantaran karakter dibentuk dari beberapa puluh titik-titik tinta yang kecil. Sebagian printer ink jet memiliki kekuatan untuk cetak gambar dengan sebagian warna memakai sebagian nozzle yang terpisah.

4. Laser Printer
Printer jenis ini adalah paduan pada tehnologi xerographic yang ditemukan pada foto copy dengan tehnologi laser. Dengan system ini, output digital computer bakal dirubah jadi pulsa cahaya laser serta ditembakkan ke satu drum yang sensitif pada cahaya laser. Bayangan yang di tangkap dalam drum bakal di kirim ke kertas dengan sistem seperti mesin foto copy. Printer Laser membuat karakter dalam wujud titik-titik yang benar-benar kecil serta rapat, hingga membuahkan kualitas karakter yang baik.

5. Printer Chain
Printer type ini memakai satu rantai yang diisi karakter-karakter untuk membuat hasil cetakannya. Rantai itu bakal berputar dengan cara horisontal serta sesudah pas pada posisi percetakan, palu pemukul bakal mengetuk pola karakter di rantai lewat karbon, wujud dari karakter bakal tercetak di kertas. Printer jenis ini, memiliki kecepatan kecepatan cetak yang benar-benar tinggi, yakni hingga 1000 baris per menit.

6. Printer Drum
Printer type ini, bekerja dengan menghimpun karakter, yang bakal ditempatkan pada permukaan luar satu drum metal. Masing-masing posisi kolom percetakan ada satu lingkaran himpunan karakter pada drum. Sistem pencetakan karakter dikerjakan lewat cara memutar drum hingga pada wujud karakter yang di idamkan, serta satu palu pemukul bakal mengetuk palu pencetak karakter itu.

Itu tadi sebagian jenis type printer yang ada waktu ini, barangkali untuk nantinya type printer bakal alami pergantian menurut perubahan system computer yang makin berkembang cepat.

0 comments:

Post a Comment